• Fri. May 7th, 2021

HAKI: Apakah Hak Kekayaan Intelektual itu

Byfiltrohepa.info

Apr 18, 2021

Hak kekayaan intelektual mengacu pada hak yang diberikan kepada orang-orang atas ciptaan pikiran mereka. Hak-hak ini untuk jangka waktu tertentu dan dalam skenario ekonomi global, telah menjadi keharusan bagi suatu negara untuk melindungi hak-hak pencipta dan penemu. Berikut adalah beberapa jenis hak kekayaan intelektual yang umum.

hak cipta

Hak cipta adalah istilah hukum haki yang melindungi karya sastra dan seni. Ini mencakup karya mulai dari buku, lukisan, musik, film, iklan hingga program komputer, database, gambar teknis, dan peta. Di India, Copyright Act 1957 mengatur hukum yang berhubungan dengan hak cipta. Undang-undang hak cipta bertujuan untuk menyeimbangkan kepentingan pencipta dan publik dalam mengakses konten secara luas.

Paten

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan kepada penemu atas penemuannya. Ini memberi pemilik hak untuk memutuskan bagaimana orang lain akan menggunakan penemuannya. Untuk mendapatkan paten, pemilik harus mengungkapkan informasi teknis tentang penemuannya kepada publik dalam permohonan paten. Undang-undang Paten 1970 adalah undang-undang payung yang terkait dengan paten di India dan tujuan utama undang-undang tersebut adalah untuk mendorong inovasi dan teknologi baru.

Merek dagang

Merek dagang adalah tanda yang membedakan barang dan jasa suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Alat yang sangat diperlukan di era modern undang-undang merek dagang berkaitan dengan mekanisme pendaftaran, penetapan hak, sifat pelanggaran, hukuman untuk pelanggaran, dan pencegahan merek dagang palsu. Trade Marks Act 1999 mengatur hukum merek dagang di India.

Desain Industri

Desain industri mengacu pada aspek estetika atau ornamen dari suatu artikel dan dapat terdiri dari fitur dua atau tiga dimensi. Perjanjian TRIPS memberikan standar minimum untuk perlindungan desain industri dan di India, New Designs Act, 2000 mengatur hukum desain industri. Desain adalah salah satu faktor utama yang menarik orang ke suatu produk dan karenanya penting untuk memberlakukan undang-undang desain.

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *